Bahan Ajar: Dongeng

Pernah mendengar dongeng? Atau bahkan Anda pernah mendongeng?
Saya yakin di antara kita semua pernah mendengar dongeng dan mungkin mendongeng, apalagi bagi orang tua khususnya ibu.

Ya, banyak orang tua yang berusaha menjadikan dongeng sebagai sarana mereka mengajarkan budi pekerti kepada anak-anaknya. Dongeng mereka pilih karena dengan mendongeng, siapa pun tidak akan merasa digurui, meski sebenarnya banyak nilai budi pekerti yang diajarkan dalam dongeng. Ini pula yang menjadi salah satu fungsi dari sastra, yakni dulce et utile, menyenangkan dan bermanfaat.

Pengertian Dongeng
Dongeng merupakan salah satu jenis prosa lama dalam kesusasteraan  Indonesia. Menurut KKBI offline 1.3 dongeng adalah cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Sedangkan menurut wikipedia dongeng adalah suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral.

Dari dua pengertian tersebut dapat diketahui bahawa dalam dongeng nilai-nilai moral diajarkan, dan tidak selamanya dongeng diambilkan dari kisah fiktif. Kisah nyata pun bisa dijadikan bahan untuk mendongeng dengan kemasan dominan pada unsur seninya.

Ini artinya, mengajarkan dongeng berarti mengajarkan pula nilai-nilai moral dan budi pekerti pada peserta didik. Sehingga menemukan hal-hal yang menarik dari sebuah dongeng yang diperdengarkan dijadikan kompetensi dasar yang harus dicapai dalam pengajaran dongeng.

Ciri-ciri dongeng

Dongeng merupakan karya sastra lama yang biasanya mempunyai sifat atau ciri-ciri sebagai berikut:
  • Anonim artinya dongeng sering kita temukan tanpa diketahui nama pengarangnya. 
  • Disebarkan dari mulut ke mulut. Pada zaman dulu dongeng sering diperdengarkan oleh seorang yang disebut pelipur lara, yaitu seorang pendongeng yang biasanya di undang ke istana untuk menghibur. 
  • Bersifat istana sentris hal ini wajar karena dongeng sering diperdengarkan di istana, sehingga kisah yang diangkat lebih banyak pada kehidupan istana.
Dalam perkembangannya sekarang ini banyak yang sudah berusaha mengumpulkan buku yang berisi kumpulan dongeng, baik yang berjenis fabel, sage, mite, legemde maupun parabel.

Jeni-Jenis Dongeng

1 Response to "Bahan Ajar: Dongeng"

  1. terimakasih gan atas infonya
    monggo ikut kompetisi cerdas cermat online se-jawa timur seri 2

    BalasHapus