Menentukan tokoh dalam sebuah Cerita

Postingan ini sebagai jawaban dari pertanyaan Ananda Edris, kelas 7 F. Dia menanyakan bagaimana menentukan tokoh utama dalam cerita.

Ananda Edris, pembagian tokoh dalam cerita (Novel, cerpen, dongeng dan lain-lain) bisa dilihat dari dua segia. Yang pertama dilihat dari segi sering tidaknya atau banyak tidaknya seorang tokoh diceritakan dalam cerita. Sedang yang kedua didasarkan pada baik buruknya watak yang dimiliki sang tokoh.

Didasarkan pada sering tidaknya seorang tokoh muncul dalam cerita, tokoh terbagi menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang sering muncul dalam cerita sementara tokoh tambahan adalah tokoh yang jarang muncul atau jarang diceritakan dalam cerita.

Jika didasarkan pada karakter atau watak tokoh-tokohnya, maka dikenal ada tokoh protagonis yaitu tokoh yang berwatak baik dan tokoh antagonis yaitu tokoh yang berwatak jahat atau buruk. Sedangkan tokoh yang sering menjadi penengah antara tokoh protagonis dan tokoh antagonis adalah tokoh tetragonis.

Kalau Ananda Edris membaca sebuah cerita maka lihatlah siapa yang paling banyak mendapat jatah penceritaan. Tokoh itulah yang disebut dengan tokoh utama.

2 Responses to "Menentukan tokoh dalam sebuah Cerita"

  1. Menarik artikelnya
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Iya, Pak. Membantu anak-anak dalam belajar Bahasa dan Sastra Indonesia

    BalasHapus