Uraikan Faktanya (1)

Setelah Anda mengusai pikiran Anda maksudnya Anda mensetting pikiran Anda untuk menjadi seorang yang sukses dalam apa saja termasuk dalam belajar, maka mulailah lakukan aktifitas ke dua dalam belajar, yaitu uraikan faktanya.
Ketika kita dihadapkan pada suatu topik pembelajaran, langkah pertama adalah yakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa menguasai topik tersebut. Yah, Anda akan sukses menguasai materi tersebut. Kemudian mulialah melakukan langkah ke dua yaitu menguraikan faktanya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • mendapatkan gagasan intinya atau gambaran globalnya. Ini bisa Anda lakukan dengan jalan membaca subjudul, ilustrasi dan diagram (kalau yang ingin Anda pelajari sebuah buku. Tetapi jika yang Anda belajar dengan seorang guru, Anda bisa menanyakan tentang apa yang guru Anda inginkan setelah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar, baik yang berupa kemampuan akademik, afektif maupun psikomotorik.
  • buatlah sketsa dari hal yang sudah Anda ketahui. Tuangkan hal itu ke dalam kertas. Hal ini akan membangun kepercayaan pada diri Anda dan membantu mendefinisikan hal-hal yang belum Anda ketahui.
  • pecahlah menjadi langkah-langkah kecil. Ingatlah apa yang pernah dikatakan oleh filosof China, Lao Tzu ,"Perjalanan seribu kilometer dimulai dengan satu langkah kecil". Betapun menakutkan dan sulitnya suatu masalah, Anda dapat memecahkannya dengan rencana sederhana langkah demi langkah. Mulailah hal-hal dasar lalu kembangkan. Intinya, Anda tidak secara otomatis harus memulai dari awal. Jelajahi atau uraikan topiknya dan mulailah dengan sesuatu yang menarik minat Anda.
  • tetaplah berminat dan ajukan pertanyaan. Ini akan membantu Anda tetap fokus terhadap suatu topik yang baru Anda pelajari. Kejenuhan bisa Anda atasi dengan selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan topik tersebut. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam sehelai kertas. Pertanyaan ini berfungsi sebagai motivator, membuat otak tetap terfokus kepada pelatih, buku, guru karena Anda harus mencari jawabannya.
  • interogsikan topik tersebut.Selama mengikuti pembahasan sebuah topik tertentu, baik yang dilakukan oleh seorang guru maupun yang dijabarkan seorang penulis, tugas Anda adalah memastikan bahwa penulis buku, guru atau yang lainnya terkait sumber yang Anda pelajari tidak akan memberikan penjelasan yang kabur atau tidak valid. Jadi teruslah bertanya
    • bagaimana Anda tahu itu benar
    • jika hal itu benar maka selanjutnya bagaimana
    • apakah kesimpulan itu dapat dibenarkan
    • dan sebagainya
  • belajar multi indrawi. Gunakan semua indra ke tugas belajar. Ingatlah apa yang pernah ditemukan oleh Dr. Vernon Magnesen dari Universitas Texas tentang ingatan. Dari hasil penelitiannya dia menyimpulkan bahwa kemampuan serap otak kita terhadap materi bacaan 20%. mendengar 30%, melihat 40%, mengucapkan 50%, melakukan 60%, melihat, mengucapkan, mendengar dan melakukan 90%. Dengan demikian bagaimana Anda bisa belajar dengan menggabungkan semua indra tersebut, melihat, mendengar, mengucapkan dan melakukan. (Baca Uraikan Faktanya (2))

0 Response to "Uraikan Faktanya (1)"

Posting Komentar