Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT)

Kurikulum 2013 yang diterapkan pada semua sekolah mulai tahun pelajaran 2013 - 2014 ini mengindikasikan bahwa pembelajaran lebih dominan pada pelibatan peserta didik. Guru hanya berfungsi sebagai motivator dan fasilitator. Fungsi guru pada kurikulum 2013 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan KTSP.  Konsekuensinya, siswalah yang harus lebih aktif dengan dibantu guru sebagai pengarah.

Karenanya, kemandirian siswa sangat ditekankan untuk mencapai tujuan pembelajaran dari setiap mata pelajaran. Dari sinilah kemudian dikenal dengan tugas mandiri terstruktur (TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT).

Istilah TMT dan TMTT pasti sering didengar oleh guru. Akan tetapi masih ada diantara guru yang belum memahai keduanya.

Apa itu Tugas Terstruktur (TT) dan Tugas Non Terstruktur (TNT) ?
 
Kedua tugas mandiri ini, sesuai dengan namanya mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa setelah ia memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah mata pelajaran.
 
Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur manakala tugas itu diselesaikan seorang siswa dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh guru, sedangkan tugas mandiri non-terstruktur adalah tugas itu diselesaikan dan dikumpulkan pada batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya kapan saja yang penting antara rentang batas maksimum yang telah ditentukan.

0 Response to "Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT)"

Posting Komentar