Instropeksi

Bagian terakhir dari metode belajar KUASAI adalah I atau Instropeksi.

Seseorang perlu merefleksikan pengalaman belajarnya, bukan hanya pada apa yang dipelajari, tetapi juga pada bagaimana mempelajarinya. Dalam langkah ini seseorang meneliti dan menguji cara belajarnya sendiri. Kemudian menyimpulkan teknik-teknik dan ide-ide yang terbaik untuk diri sendiri. Secara bertahap, seseorang akan dapatmengembangkan suatu pendekatan cara belajar yang paling sesuai dengan kemampuan dirinya. 

Langkah terakhir dalam rencana belajar ini adalah berhenti, kemudian merenungkan dan menanyakan pertanyaan berikut pada diri sendiri : bagaimana pembelajaran berlangsung ? Bagaimana pembelajaran dapat berjalan lebih baik ? dan apa makna pentingnya bagi saya ?
Mengkaji dan merenungkan kembali pengalaman belajar dapat membantu mengubah karang penghalang yang keras menjadi batu pijakan untuk melompat ke depan. Sekali bisa mempelajari kombinasi personal kecerdasan dan cara belajar yang disukai, maka potensi belajar akan terbuka lebar. Pemantauan diri, evaluasi diri dan intropeksi terus menerus adalah karakteristik kunci yang harus dimiliki pembelajar yang punya
motivasi diri.

0 Response to "Instropeksi"

Posting Komentar