Kombinasi PowerPoint dengan VB: Sebuah Pengantar

Postingan berikut adalah jawaban dari pembaca blog ini yang menanyakan bagaimana membuat media pembelajaran dengan powerpoint yang dikombinasikan dengan Visual Basic (VB). 
Sebagaimana kita ketahui bahwa dengan media yang dirancang secara maksimal bisa mengantarkan siswa memahami materi pelajaran dengan baik tetapi tetap menyenangkan. Sehingga kemampuan membuat media pembelajaran merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap para pendidik. 
Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam pembuatan media belajar adalah power point. Kemampuan power point sebenarnya sudah mencukupi untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Apalagi jika dioptimalkan dengan visual basic.
Pada bagian awal ini akan dibahas bagaimana memulai memadukan power point dengan visual basic.

Mengaktifkan Developer

Untuk mengombinasikan power point dengan visual basic, pastikan bahwa Anda sudah menginstall visual basic. Jika belum silakan download microsoft visual basic 6.0 di sini. Anda akan dibawa ke site penyedia aplikasi microsoft. Gunakan search yang ada di site tersebut dan carilah  microsoft visual basic 6.0 kemudian downloadlah. Setelah selesai installah vb tersebut sehingga aplikasi itu bisa digunakan.
Untuk mengaktifkan developer (secara default developer tidak di aktifkan microsoft power point), ikuti langkah-langkah berikut:
Buka MS Power Point
Pada icon Microsoft klik lah sehingga terbuka halaman berikut, lalu klik pada power point options (lihat bagian gambar yang dilingkari hitam)
sehingga terbuka halaman selanjutnya, sebagai berikut:
Setelah kliklah Ok. Maka developer anda sudah aktif dan siap digunanaka.
Selamat mencoba. Postingan berikutnya bagaimana mengaktifkan VB.

0 Response to "Kombinasi PowerPoint dengan VB: Sebuah Pengantar"

Posting Komentar