Antara Konfiks dan Kombinasi Imbuhan

Postingan ini sebagai jawaban saudara Fitria Dwi Ratna Sari yang sekarang menempuh kuliah SI keperawatan. Beliau menanyakan perihal konfiks.

Begini, Fitria. Dalam Bahasa Indonesia pembentukan kata bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu afiksasi (penambahan afiks), reduplikasi (pengulangan) dan pemajemukan (kompositum). Salah satu bentuk afiksasi adalah konfiks, atau penggunaan gabungan antara afiks dan sufiks. 

Saudara Fitria hendaknya membedakan antara bentuk konfiks dan kombinasi afiks. Tidaklah sulit untuk membedakan keduanya. Anda bisa membedakan keduanya dengan mengenali cara konfiks dan kombinasi afiks bergabung dengan sebuah bentuk (kata) dasar.

Ada dua ciri yang membedakan antara konfiks dan kombinasi afiks.
  • Konfiks selalu muncul secara bersamaan dengan kata dasarnya sedangkan kombinasi afiks muncul secara sendiri-sendiri.
  • Pemisahan salah satu konfiks akan menyebabkan kata menjadi tidak bermakna.

Sebagai contoh kita ambil kata keindahan. Bentuk dasar (kata dasar) dari kata ini adalah indah. Kemudian muncul konfiks ke - dan -an yang bergabung dengan kata dasar tersebut sehingga terbentuk kata keindahan.
Bentuk ke- dan -an melekat secara bersama-sama. Sehingga pemisahan bentuk ini akan menimbulkan kata yang tidak bermakna. Dalam pemakaian Bahasa Indonesia tidak dikenal kata keindah ataupun indahan. Sehingga bentuk ke- dan -an adalah konfiks.

Berbeda dengan kata berpakaian. Sekilas kita dapatkan ada konfiks di dalam kata tersebut, yaitu ber- dan -an. Tetapi jika dicermati ternyata kedua bentuk tersebut tidak bergabung secara bersamaan. Bentuk -an bergabung dulu dengan kata pakai sehingga membentuk kata pakaian kemudian baru diikuti dengan bentuk ber- yang bergabung dengan kata pakaian sehingga terbentuk kata berpakaian.

Dari penjelasan di atas semakin jelas bahwa salah satu ciri dari konfiks yang membedakannya dengan kombinasi afiks adalah bentuk konfiks selalu melekat dengan bentuk dasar secara bersama-sama sedangkan kombinasi afiks melekat secara bertahap.

Dalam Bahasa Indonesai dikenal ada 5 macam konfiks, yaitu
  • konfiks ke- -an
  • konfiks pe- -an
  • konfiks per- -an
  • konfiks ber- -an 
  • konfiks se- -nya
Coba Anda cari kata-kata yang berkonfiks tersebut di atas dan buatlah kalimatnya.

2 Responses to "Antara Konfiks dan Kombinasi Imbuhan"

  1. Siapa nih yang masih Jomblo yang lagi cari pasangan atau cuma sekedar cari temen ya kunjungi >> situs www.jodohgue.com

    BalasHapus
  2. Yuk Mari buat kalian yang masih mencari lowongan mampir ke website Lokerpro.com setiap hari bakal update info mengenai lowongan2 kerja >> Lowongan kerja terbaru di www.lokerpro.com

    BalasHapus