Apa Maknanya

Tutorial K.U.A.S.A.I kali ini sudah sampai pada tahap ke tiga yaitu A. A singkatan dari Apa maknanya.
Ketika seseorang belajar tentang suatu topik yang baru berarti orang tersebut sedang mendapatkan informasi dasar. Bisa jadi informasi itu benar-benar baru dan sulit dipahami, tetapi bisa jadi pula informasi baru tersebut terkait dengan informasi lain yang telah ia  dapatkan sebelumnya.
Kemampuan seseorang mengkaitkan informasi baru dengan informasi yang telah ia dapatkan sebelumnya akan memperdalam pemahamannya terhadap informasi baru tersebut.Apalagi bila ia mampu mengkaitkan informasi tersebut dengan berbagai macam kecerdasan yang ia punyai.
Howard Gardner dan para koleganya di Universitas Howard telah menunjukkan bahwa ketika seseorang melibatkan beberapa kecerdasan, kemampuan belajarnya meningkat pesat.
Ada beberapa kecerdasan yang bisa dikembangkan oleh seseorang, yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan matematik (logis), kecerdasan spiritual, kecerdasan natural, kecerdasan mental, kecerdasan intra personal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan fikir dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kecerdasan itu bersifat tidak tetap dan ia merupakan serangkaian kemampuan diri kita.
Seseorang bisa jadi unggul dalam situasi dan tampak cerdas, tetapi mungkin ia bingung di situasi yang lain. Karenanya, kecerdasan itu perlu dilatih-biasakan.
Pemakaian rentang kecerdasan membawa ke pembelajaran yang seimbang, pembelajaran yang tak hanya sesuai dengan kekuatan sekarang tetapi juga memungkinkan seseorang (orang yang belajar) mengembangkan yang lain. Guru hanyalah sebagai motivator dan fasilitator. Peserta didik hendaknya diberi kebebeasan yang seluas-luasnya untuk mengembangkan informasi yang ia peroleh dengan menggunkan dan melibatkan berbagai kecerdasan yang dimiliknya.

0 Response to "Apa Maknanya"

Posting Komentar