Sentakkan Ingatan

Inilah bagian ke empat dari K.U.A.S.A.I. Sebuah metode accelerated Learning. S kependekan dari Sentakkan Ingatan.
Hal yang paling mengejutkan bagi kita sebagai guru adalah bahwa sekitar 70% dari materi yang dipelajari seseorang hari ini akan terlupakan dalam waktu 24 jam jika orang tersebut tidak melakukan upaya khusus untuk mengingatnya. Kenapa bisa demikian? Mari kita cermati.
Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia itu mempunyai dua jenis ingatan. Ingatan jangka panjang dan ingatan jangka panjang. Ingatan  jangka pendek digunakan untuk menyimpan informasi yang sifatnya sementara dan ingatan jangka panjang yang digunakan untuk menyipan informasi yang sifatnya lama bahkan kekal. Gambaran gampangnya adalah tatkala Anda mengingat kejadian di masa kecil maka  berarti yang bekerja untuk menyimpan informasi kejadian itu adalah ingatan jangka panjang. Sebaliknya ketika Anda mencari nomor telpon untuk menghubungi seseorang, pada saat itu yang bekerja adalah ingatan jangka pendek.
Karenanya, kerja kita tatkala menjadi pelajar adalah bagaimana kita bisa memindahkan informasi dari ingatan pendek itu ke ingatan lama (jangka panjang). Atau jika kita sebagai guru tugas kita adalah bagaimana kita bisa membantu siswa memindahkan informasi baru yang mereka terima dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang
Di samping itu, para peneliti juga menyebutkan bahwa manusia memiliki ingatan-ingatan khusus untuk suara, tampilan visual dan perasaan.
Mereka juga menemukan  bahwa informasi yang diulang-ulang atau didemonstrasikan bisa membantu untuk memindahkan informasi tersebut dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang. Cara lain yang bisa digunakan adalah menjelajahi informasi tersebut dengan menggunakan berbagai kecerdasan yang dimiliki.
Colin Rose dalam bukunya Kuasai lebih Cepat (buku terjemahan dari Master It Faster) menyarankan agar dalam proses belajar mengajar atau proses belajar hendaknya kita memperbanyak waktu awal dan waktu akhir. Salah satu alasannya adalah banyak di antara manusia yang mempunyai kesulitan untuk tetap konsentrasi lebih dari 20 menit. Sehingga memaksa diri untuk konsentrasi lebih dari 20 menit sangat tidak efektif. Karenanya, buatlah jeda dalam kegiatan belajar yang Anda lakukan dengan istirahat atau dengan kegiatan yang benar-benar melepaskan diri dari kegiatan belajar. Tidak perlu lama-lama. Gunakan beberapa menit saja dari waktu belajar yang disediakan. Kemudian setelah itu kembalilah pada kegiatan belajar lagi.
Tahukah Anda bahwa Anda cenderung mengingat sesuatu yang nyleneh, tidak biasa atau lucu. Karenanya, upayakan ketika Anda ingin mengingat informasi kaitkan informasi itu dengan hal-hal yang nyleneh atau lucu. Selain itu pepatah mengatakan bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata. Ini berarti bahwa kekuata visual lebih dasyat dari sekedar kekuatan pendengaran. Karenanya, giatlah mengvisualisasikan untuk setiap informasi yang baru saja Anda dapatkan.
Jika boleh saya rangkum informasi di atas, seseorang memerlukan aktivitas untuk memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:
  • Berilah atau buatlah waktu jeda dalam totalitas waktu belajar Anda
  • Usahakan mengkaitkan informasi baru dengan hal-hal yang mudah untuk Anda hafal. Misalnya hal-hal yang nyleneh, lucu dan luar biasa.
  • Cobalah untuk mengklasifikasikan atau mengkategorikan informasi dalam kateori-kategori tertentu, sehingga Anda lebih mudah memanggil informasi itu kembali tatkala dibutuhkan.
  • Usahakan untuk memvisualisasikan setiap informasi yang Anda peroleh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat catatan atau sketsa informasi.
  • Ulanglah informasi yang baru saja Anda peroleh itu khususnya sebelum tidur.
Terakhir inilah 4M untuk memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.
Mengulang ===> Merekam ===>Menyimpan ====>Mengingat.

0 Response to "Sentakkan Ingatan"

Posting Komentar