Yuk mengajar Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis karya puisi lama. Ia berasal dari melayu. Dahulu pantun sering digunakan untuk berbagai keperluan. Bagai anak muda pantun sering digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan isi hatinya kepada sang kekasih. Bagi orang tua pantun sering digunakan untuk memberi nasihat. Demikian juga bagi para ustadz atau kyai pada saat itu, pantun digunakan sebagai sarana pengajaran agama.
Karena berbagai keperluan itulah, akhirnya muncul berbagai macam pantun, seperti pantun nasihat, pantun percintaan, pantun anak-anak, pantun teka-teki dan sebagainya.
Untuk membuat pantun ada baiknya kamu sekalian mengenal wujud pantun berikut dan bedakan dengan jenis puisi yang lain.
(Lalu anak-anak disuruh mencermati beberapa bait - bait puisi dari berbagai jenis. Dengan kemampuan yang telah dimilikinya di sekolah dasar, mereka akan mencermati berbagai puisi yang ditayangkan dalam slide dengan harapan mereka bisa memilih salah satu bait puisi yang berbentuk pantun. Setelah mereka dengan benar memilih bentuk pantun, mereka disuruh mendiskusikan ciri-ciri pantun dari contoh sebait pantun yang sudah ada)

Nah untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mendownload materi pembelajaran pantun berikut ini. Media yang berupa powerpoint ini bisa Anda gunakan untuk mengajarkan jenis puisi lama yang berbentuk pantu.
Selamat mengajar.

Lihat materi pembelajaran pantun  >>>> Download materi pembelajaran pantun

Untuk memperoleh wawasan tambahan berkenaan dengan pantun, kunjungi link berikut:
Melayu online

0 Response to "Yuk mengajar Pantun"

Posting Komentar