5 Pertanyaan untuk Ngeblog

Ngeblog, kata ini saat ini begitu terkenalnya dalam dunia internet. Bukan hanya terkenal dari kata saja tetapi hampir setiap orang yang suka ngenaep, pasti melakukan aktivitas ini. Ngeblog selain bisa kita gunakan sebagai wadah untuk menuangkan ide, gagasan atau hanya sekedar unek-unek dalam hati, blogging juga bisa kita gunkan untuk mencari uang receh, atau bahkan bisa kita gunakan untuk meraup jutaan rupiah. Banyak kok yang sudah membuktikannya.
Nah, agar blog kita diminati dan disukai, ada baiknya sebelum memutuskan untuk ngeblog pertanyaan-pertanyaan berikut perlu dijawab.
  • Kenapa sih saya harus blogging
  • Apa yang bisa saya berikan untuk orang lain dalam blogging ini? Dan apakah memang apa yang saya tulis dalam blog ini benar-benar sesuatu yang mereka butuhkan?
  • Apakah blogging yang saya lakukan ini memberi nilai positif dalam kehidupan dunia dan akhirat saya, atau hanya salah satunya atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali untuk keduanya?
  • Apakah ketika saya menulis postingan, apa yang saya tulis tersebut benar-benar sesuatu yang saya kuasai atau hanya asal-asalan saja.
Ok,, kita akan bahas satu persatu pertanyaan - pertanyaan itu sehingga kita tahu alasannya kenapa pertanyaan itu perlu dimunculkan oleh seorang blogger.
Kenapa sih saya harus blogging?
Ini penting kita ketahui sehingga hal ini akan menjadi arah dalam kita blogging. Bukankah aktivitas blogging sama seperti aktivitas hidup yang lain? Jika sebauh aktivitas hidup ada tujuannya tentu akan menjadikan langkah kita semakin mantap dan tidak mudak goyah dengan hambatan yang sering menimpa dalam perjalanan hidup kita.
Apa yang bisa saya berikan untuk orang lain dalam blogging in. Dan apakah memang apa yang saya tulis dalam blog ini benar-benar sesuatu yang mereka butuhkan?
Berkaitan dengan pertanyaan kedua ini aku jadi ingat sair dalam lagu ebit g ade.
Cinta yang kuberi sepenuh hatiku
Entah yang kuterima aku tak peduli,

Paham kan. Terkadang kita justru terbalik. Kita menuntut orang lain memberi kepada kita baru kita akan memberi kepada mereka. Falsafah Ebit ini akan memberikan motivasi kepada kita untuk selalu memberi yang terbaik kepada orang lain tanpa kita harus mengharap-harap pemberian orang lain kepada kita. Tetapi satu keyakinan yang harus kita sadari bahwa jika kita telah memberi yang terbaik pada orang lain pasti kebaikan yang akan kita dapatkan. Kalau bukan kebaikan di dunia pasti kebaikan di akhirat.
Apakah blogging yang saya lakukan ini memberi nilai positif dalam kehidupan dunia dan akhirat saya, atau hanya salah satunya atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali untuk keduanya?
Mana yang akan kita pilih? Apakah nilai manfaat untuk dunia saja, akhirat saja atau kedua-duanya. Yups. Saya yakin yang terakhir yang Anda pilih. Hal ini akan menjadi filter pada diri kita dalam mencari nilai manfaat aktivitas blogging. Sebab tersedia banyak kesempatan untuk mencari uang di internet (lewat aktivitas blogging) dengan berbagai macam cara. Sejak dari mengadakan penipuan di dunia online sampai pembajakan produk dan sebagainya. Tentu jika kita kaitkan dengan kemanfaat dunia akhirat kita akan berusaha kira-kira aktivitas blogging mana yang mendatangkan keuntungan dunia tanpa harus melanggar kepnetingang akhirat. Soalnya saya sering terjebak pada blog-blog yang nggilani. Keywordnya tentang bisnisonline e... ternyata setelah dibuka gambarnya ndak karuan. Ini kan hanya mencari keuntungan dunia saja dengan mengesampingkan akhirat. Padahal dunia itu di sisi Alloh tidak lebih berat dari sebelah sayap nyamuk lho.
Apakah ketika saya menulis postingan, apa yang saya tulis tersebut benar-benar sesuatu yang saya kuasai atau hanya asal-asalan saja.
Ini penting kita renungkan sehingga dalam memberi informasi kepada pembaca blog kita tidak setengah-setengah apalagi terkesan asal posting. Tentu pembaca blog kita akan menjadikan blog kita sebagai langganannya jika memang apa yang kita informasikan itu memang bermanfaat dan tuntas.

Saya yakin ketika semua perntayaan ini bisa kita jawab dengan baik lalu kita konsekuen dengan jawaban kita blog kita akan menjadi sarana kita mendulang kabahagian dunia dan akhirat. Gak percaya? Praktekkan aja.

0 Response to "5 Pertanyaan untuk Ngeblog"

Posting Komentar