Bedah SKL Bahasa Indonesia


Dalam Peraturan BSNP No. 0035 tahun 2015 disebutkan bahwa SKL (Standar Kompetensi Lulusan) Ujian Nasional (UN) merupakan irisan dari kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Yang dimaksud dari irisan adalah adanyan materi-materi Bahasa Indonesia yang ada baik di kurikulum 2006 maupun di kurikulum 2013.

Hal ini penting untuk diketahui karena menyangkut keberhasilan siswa dalam menempuh ujian nasional. Sebagaimana diketahui banyak dari siswa yang saat ini sudah berada di kelas 9 belum pernah mendapatkan materi Bahasa Indonesia yang berbasis teks (Materi Bahasa Indonesia yang menggunakan kurikulum 2013). Sementara itu pada ujian yang akan datang, mereka harus menghadapi soal-soal atau materi-materi Bahasa Indonesia yang berdasar kurikulum 2013. Hal itu tentu saja akan menyulitkan bagai siswa untuk mengerjakan soal-soal tersebut karena banyak materi yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Karenanya, dengan adanya bedah SKL Bahasa Indonesia ini diharapkan para guru dapat memberikan materi-materi Bahasa Indonesia yang ada di kurikulum 2013 kepada para siswa, sebagai persiapan menghadapi ujian yang akan datang.

Irisan apa saja yang ada di Bedah SKL ini dapat lihat di sini  Anda juga dapat mendownloadnya di BEDAH SKL, Persiapan Menuju Suksesnya Ujian Nasional 2016.

Adapun contoh soal-soal aplikasi dari bedah SKL Bahasa Indonesia tersebut dapat Anda download aplikasinya di Aplikasi Materi Bahasa Indonesia

1 Response to "Bedah SKL Bahasa Indonesia"