Teks Laporan Hasil Observasi


Pengajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 mendasarkan diri pada teks. Karenanya, pengajaran bahasa dikatakan sebagai pengajaran yang berbasis teks. Pada pengajaran berbasis teks ini siswa akan sering disuguhi berbagai teks. Kegiatan lebih banyak analisis terhadap teks hingga kemudian menuju pada suatu kesimpulan.

Adapun teks pertama yang dipelajari siswa baik pada tingkat SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA adalah teks laporan hasil observasi atau sering disingkat dengan LHO.

Teks laporan hasil observasi disebut juga teks klasifikasi yaitu teks laporan yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria. Teks laporan hasil observasi menuliskan data berdasarkan penelitian dan bersifat fakta. Teks LHO berusaha mendeskripsikan atau memberi informasi tentang sesuatu atau objek secara umum. Informasi yang disampaikan adalah informasi-informasi yang diperoleh berdasarkan pengamatan dan analisis yang sistematik.

Struktur Teks Hasil Observasi

Sebagai sebuah teks, teks hasil observasi ini mempunyai struktur, yakni definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

Definisi umum merupakan bagian pembukaan yang memuat informasi tentang sesuatu yang akan diuraikan. Deskripsi bagian berisi penjabaran terhadap aspek yang dilaporkan. Deskripsi manfaat berisi penjabaran manfaat dari sesuatu yang dilaporkan.

Terkadang untuk memudahkan, struktur teks hasil observasi hanya mempunyai struktur berupa pernyataan umum atau klasifikasi dan aspek atau anggota yang dilaporkan. Klasifikasi umum berisi informasi tentang suatu hal yang sifatnya masih global dan umum. Sedangkan aspek anggota yang dilaporkan berisi informasi atau rincian dari sesuatu yang digambarkan.

Tujuan Teks Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi bertujuan untuk menyampaikan hasil pengamatan dan analisis yang sistematis. Informasi yang dijelaskan dalam teks observasi atau report text biasanya bersifat umum, baik itu alamiah maupun buatan.

Kaidah-kaidah Teks Hasil Observasi

Kaidah teks hasil observasi antara lain

  1. Isisnya merupakan pemerian, penjelasan dan pemaparan tentang suatu informasi
  2. Isinya merupakan hasil pengamatan atau analisis sistematis
  3. Struktur teksnya terdiri dari definis/ klasifikasi umum dan penjabaran atau deskripsi
  4. Objek pengamatan dalam teks hasil observasi dipaparkan secara umum dapat berupa alam, hewan, tumbuh-tumbuhan, budaya atau fenomena sosial.

Langkah-langkah Menulis Teks Hasil Observasi

  1. Memilih objek
  2. Mengamati objek
  3. Menentukan judul
  4. Menulis klasifikasi
  5. Menjabarkan deskripsi objek





0 Response to "Teks Laporan Hasil Observasi"

Posting Komentar