-->

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 3

MENGANALISIS DAN MERUMUSKAN MASALAH

Menganalisis Masalah

Dalam PTK, menganalisis masalah sangat penting untuk menentukan urgensi mengatasinya. Karenanya,  setelah masalah teridentifikasi perlu melakukan analisis sehingga dapat merumuskan masalah dengancjelas. Tanpa melakukan analisis, mungkin masalah yang kita identifikasi masih kabur.

Analisis dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri atau yang disebut refleksi, dan dapat pula dengan mengkaji ulang berbagai dokumen seperti pekerjaan siswa, daftar hadir, atau daftar nilai, atau bahkan mungkin bahan pelajaran yang kita siapkan.

Semua itu tergantung dari sebuah masalah yang kita identifikasi. Misalnya, masalah yang kita identifikasi adalah rendahnya motivasi belajar siswa, barangkali yang perlu kita analisis adalah dokumen tentang hasil belajar siswa, catatan harian kita tentang respon siswa dalam pembelajaran, dan yang tak kalah pentingnya melakukan refleksi, sehingga kita mendapat gambaran yang jelas tentang perilaku mengajar kita. 

Untuk menganalisis masalah ini, seorang guru perlu melakukan hal berikut :
  1. Menganalisis daftar hadir siswa, kemudian menyimpulkan berapa % rata-rata kehadiran siswa dalam satu bulan. Di samping itu perlu pula dianalisis, apakah yang tidak hadir hanya siswa tertentu atau hampir semua pernah absen , dan apa alasannya. 
  2. Menganalisis daftar hadir nilai siswa, kemudian mengaitkan frekuensi ketidakhadiran siswa dengan nilainya. 
  3. Menganalisis tugas yang diberikan kepada siswa beserta bahan pelajaran yang dipakai, apakah tugas dan bahan pelajaran tersebut cukup menantang atau membosankan. 
  4. Menganalisis balikan (feedback) yang diberikan guru terhadap pekerjaan siswa. Apakah balikan tersebut membuat frustasi atau mendorong siswa untuk memperbaiki pekerjaannya. 
  5. Melakukan refleksi terhadap perilaku mengajar guru tsb. Seyogyanya guru tsb secara jujur merenungkan kembali kebiasaannya di dalam kelas. Apakah dia sering marah-marah, bersikap tidak simpatik, atau sebaliknya.
Contoh masalah: Tugas dan bahan belajar yang bagaimana yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Permasalah itu dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Bagaimana frekuensi pemberian tugas yang dapat meningkatkan motivasi siswa?
  2. Bagaimana bentuk dan materi tugas yang memotivasi?
  3. Bagaimana syarat bahan belajar yang menarik?
  4. Bagaimana kaitan materi bahan belajar dengan tugas yang diberikan?

Perumusan Masalah

Setelah menetapkan fokus penelitian, maka perlu dilakukan perumusan masalah secara lebih jelas, spesifik, dan operasional. Perumusan masalah yang jelas dan spesifik akan sangat membantu dalam mengupayakan penyelesaian dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

MERENCAKAN TINDAKAN (MERENCANAKAN PERBAIKAN)


Berikutnya 1  2  3  4  5 6
================





0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 3"

Posting Komentar

ads midle