-->

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 5


MELAKSNAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Setelah meyakini bahwa hipotesis tindakan atau rencana perbaikan sudah cukup layak, kini guru perlu mempersiapkan diri untuk pelaksanaan perbaikan. Langkah ini kita sebut sebagai persiapan pelaksanaan, yang sebenarnya dapat merupakan bagian dari perencanaan, tetapi dapat pula kita tempatkan sebagai bagian awal dari pelaksanaan. Setelah persiapan ini mantap, barulah kita mulai dengan pelaksanaannya di kelas.

Ada beberapa 2 hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, yakni menyiapkan pelaksanaan dan melaksanakan tindakan.

Menyiapkan Pelaksanaan

Ada beberapa langkah yang perlu kita siapkan sebelum merealisasikan rencana tindakan kita.

a. Membuat rencana pembelajaran beserta skenario tindakan yang akan dilaksanakan. 

Skenario mencakup langkah-langkah yang dilakukan guru dan siswa dalam kegiatan tindakan atau perbaikan. Terkait dengan rencana pembelajaran, guru tentu perlu menyiapkan berbagai bahan seperti tugas dan bahan belajar yang dibuat sesuai dengan hipotesis yang dipilih, alat peraga atau buku-buku yang relevan.

b. Menyiapkan fasilitas atau sarana pendukung yang diperlukan, misalanya gambar-gambar, meja tempat mengumpulkan tugas, atau sarana yang terkait.

c. Menyiapkan cara merekam dan menganalisis data yang berkaitan dengan proses dan hasil perbaikan. 

Dalam hal ini, guru harus menetapkan yang harus direkam, bagaimana cara merekamnya, dan kemudian mencari bagaimana cara menganalisisnya. Agar dapat melakukan hal ini, guru harus menetapkan indikator keberhasilan. Misalnya, sikap siswa ketika diberi tugas, persentase siswa yang mengumpul tugas tepat waktu, kualitas penyelesaian tugas siswa, persentase kehahadiran siswa, serta nilai siswa dalam tes formatif. Jika Indikator ini sudah ditetapkan, guru dapat menentukan cara merekam dan menganalisis data.

d. Jika perlu, untuk menetapkan kenyakinan diri, guru perlu menyimulasikan pelaksanaan tindakan. 

Dalam hal ini, guru dapat bekerja sama dengan teman sejawat atau berkolaborasi dengan dosen LPTK. Setelah menyimak butir a, b, c, d cobalah Anda rancang cara merekam dan menganalisis data dari proses dan hasil perbaikan yang dirancang oleh guru dalam contoh di atas. Diskusikan hasil rancangan Anda dengan teman sejawat atau dengan tutor.

Melaksanakan Tindakan

Kriteria PTK yang dilakukan oleh guru
  1. Pekerjaan utama guru adalah mengajar. Oleh karena itu, metodologi penelitian yang sedang dilaksanakan tidak boleh mengganggu komitmen guru dalam mengajar
  2. Cara pengumpulan atau perekaman data jangan sampai terlalu menyita waktu 
  3. Metodologi yang diterapkan haruslah reliabel atau handal
  4. Masalah yang ditangani guru haruslah sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru
  5. Harus mendapat dukungan dari seluruh personil sekolah
Setelah hal-hal tersebut dilaksanakan, langkah berikutnya adalah pengumpulan, analisis data dan tindak lanjut.

Berikutnya 1  2  3  4  5 6
================

0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 5"

Posting Komentar

ads midle