Naskah Drama

Mengajarkan drama tak bisa lepas dari teks naskah drama. Apalagi yang dituntut adalah siswa memahami amanah yang disampaikan dalam drama yang dipentaskan. selain siswa harus mencermati dialog yang ada dalam drama tersebut, siswa juga harus mencermati penampilan mereka dan memberi tanggapannya, baik dari pemerannya, latar, tatabusana dan unsur-unsur pementasan drama lainnya.
Karenanya, ada baiknya pemahaman terhadap teks drama berikut hal-hal terkait dengan naskah drama perlu dipahami, sehingga siswa tidak hanya bisa membaca teks drama tetapi juga bisa membuat naskah drama secara sederhana.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan naskah drama, antara lain:
  • Tema, unsur inilah yang mendasari cerita secara keseluruhan. Dialog, peristiwa bahkan setting yang ditampilkan hendaknya mengacu pada tema yang diangkat yang menjadi dasar cerita.
  • Konflik, unsur ini juga harus mendapat perhatian yang cukup. Konflik inilah yang menjadi indikasi kuat tidaknya sebuah drama. Dari konflik inilah amanah dan pesan-pesan moral akan disampaikan. Tentu secara halus dan tidak menggurui. Inilah seni dan menariknya menikmati pertunjukkan drama ataupun film. Penyelesaian konflik merupakan pelajaran berharga yang bisa diambil oleh pemirsa drama.
  • Watak atau karakter. Watak atau karakter tokoh dalam drama ini harus dipikirkan sejak awal naskah drama akan dibuat. Karakter ini pula yang akan memunculkan empati ataupun kebencian pada sang tokoh dengan watak masing-masing. Penonton akan segera membenci kepada orang dengan watak yang tidak baik sehingga dia tidak akan meniru tabiat dan tingkah dari tokoh tersebut dan sebaliknya.
  • Bahasa, bahasa yang ada dalam drama tentu lebih menitikberatkan pada komunikatifnya daripada baku dan tidaknya. 
Beberapa hal tersebut di ataslah yang perlu mendapat perhatian ketika seseorang akan menulis sebuah naskah drama. Akankah kita akan mengajarkan pada anak didik kita sehingga mereka nantinya diharapkan bisa membuat naskah drama secara sederhana.

0 Response to "Naskah Drama"

Posting Komentar