Struktur (Anatomi) Berita

Ibarat struktur tubuh manusia yang terdiri dari kepala, badan dan kaki, berita pun mempunyai struktur. Anatomi atau struktur berita  terdiri atas:1) kepala berita (Headline),  2) Waktu (Date line), 3) Teras (Lead) , 4) Tubuh (Body), 5) Kaki (Leg).
  • Jika diibaratkan manusia, berita adalah keseluruhan organ yang membentuk tubuh. Bagian tubuh manusia paling atas adalah kepala, sedangkan bagian kepala pada berita, diberi nama  judul. Bagian tubuh berita masih terbagi lagi dalam tiga bagian, yaitu  bagian  paling penting diletakkan paling atas di bawah judul namanya teras berita (lead). Hal tersebut biasa dinamakan pembukaan.
  • Di bawah lead ada perangkai. Perangkai adalah bagian berita yang tingkat kepentingannya di bawah lead, disebut bridge 
  • Di bawah bridge disebut  body atau tubuh berita. Body atau tubuh berita  adalah bagian yang tingkat kepentingannya cukup letaknya di bawah bridge.   
  • Terakhir adalah kaki berita atau Leg yang berfungsi sebagai penutup berita. Di antara semua anatomi yang disebutkan, leg adalah bagian yang tingkat kepentingan paling kecil. Oleh sebab sifatnya hanya mengakhiri berita maka disebut penutup. Adapun dateline berada pada keseluruhan berita.   
  • Dateline menyangkut waktu dan tempat. Semua unsur berita tidak bisa terlepas dari unsur waktu dan tempat. Bahkan itulah inti suatu berita.   Perhatikan  gambar anatomi berikut!

0 Response to "Struktur (Anatomi) Berita"

Posting Komentar