Jenis-jenis Berita

Berita adalah informasi yang disampaikan seseorang kepada orang lain tentang suatu hal. Penting tidaknya sebuah informasi dan cakupan informasi tersebut akan sangat berpengaruh akan menarik tidaknya sebuah berita. Sebuah informasi tentang sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh banyak manusia dalam waktu singkat tentu akan diburu oleh manusia. 

Meski demikian perlu disadari bahwa penyampaian berita pun akan sangat mempengaruhi seseorang untuk menerima atau mencerna berita. Karenanya, ada beberapa hal yang perlu diperhahatikan ketika seseorang ingin menulis berita. Satu di antaranya adalah penulis berita harus mengetahui jenis-jenis berita.

Ada beberapa jenis berita yang dikenal dalam media masa baik cetak maupun elektronik, antara lain
Jenis-jenis berita yang dikelan di dunia jurnalistik adalah antara lain :
  • Straight News adalah Berita langsung, apa adanya, ditulils singkat dan lugas. sebagian besar halaman depan surat kabar  atau yang menjadi  berita utama (Headline) merupakan berita  jenis ini.
  • Depth News adalah Berita mendalam, dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan
  • Investigation News adalah Berita yang dikembangkan berdasarkan penellitian aatu penyelidikan  dari berbagai sumber.
  • Interpretative News adalah Berita yang dikembangklan dengan pendapatan atau penilaian wartawan berdasarkan  fakta yang ditemukan.
  • Opinion News adalah Berita mengenai pendapat seseoarang. biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat, mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi poleksosbudhankam,dan sebagainya
Dengan mengenal jenis-jenis berita tersebut, seseorang bisa menentukan hal atau apa saja yang harus disampaikan dalam berita serta penulis akan memahami bagaimana berita akan dia tulis.

0 Response to "Jenis-jenis Berita"

Posting Komentar