Verba Pewarta dan Verba Transitif

verba pewarta dan verba transitif

Setelah jenis-jenis verba yang telah kami posting beberapa waktu yang lalu, ada jenis verba lain yang sering ditemukan pada teks berita. Bahkan verba tersebut menjadi ciri-ciri kebahasaan dalam teks berita. Jenis verba yang dimaksud adalah verba pewarta dan verba transitif.

Secara umum verba adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.

Adapun pengertian verba menurut KBBI adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan (kata kerja).

Pengertian Verba Pewarta

Verba pewarta adalah kata yang digunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Verba pewarta ini adalah salah satu ciri kebahasaan yang ada pada teks berita. 

Pengertian Verba Transitif

Verba transitif adalah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek dan satu lagi sebagai objek dalam kalimat aktif. Objek itu dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif.

Contoh-contoh verba pewarta

  1. Mengatakan: Pada kegiatan tablik akbar yang diadakan oleh lembaga kemanusiaan Syam Organizer, Saiful Anwar (pemateri) mengatakan bahwa umat Islam di Suriah sangat membutuhkan bantuan semua umat Islam di dunia, khususnya di Indonesia.
  2. Memaparkan: Memaparkan : Pemerintah memaparkan bahwa nilai rupiah terhadap dollar akan semakin menguat.
  3. Memberitakan : Banyak sekali media yang memberitakan peristiwa terjadinya kecelakaan di Mina, Arab Saudi ketika sedang pelaksanaan ibadah haji.

Contoh Verba Transitif

  1. Akan memulai : Sejumlah pejabat Iran, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, Senin (9/6), akan memulai pembicaraan bersama selama dua hari tentang program nuklir Iran.
  2. Menuduh, menabrak : Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan.
Demikian penjelasan seputar verba pewarta dan verba transitif.



0 Response to "Verba Pewarta dan Verba Transitif"

Posting Komentar